assalamualaikum..

Saturday, July 21, 2012

Merawat HP


handphone Sikap kamu memperlakukan ponsel, sangat mempengaruhi umur ponsel itu sendiri. Misalnya, mengapitnya di saku celana jeans, meletakkannya dalam tas tanpa sarung, bersikap ceroboh sehingga menjatuhkannya, atau tanpa sengaja membuatnya masuk ke air.


Cara kamu men-charge ponsel juga punya andil terhadap kesehatan baterei ponsel lho...   yang akhirnya menimbulkan "koma" pada Integrated Circuit Power di mesin ponsel   .

Untuk mengecek kesehatan ponsel, kamu bisa mendatangi service center resmi milik vendor, atau cari pengobatan alternatif   dengan biaya lebih terjangkau di pusat reparasi ponsel. Hanya saja, kamu harus memilih tempat reparasi yang punya reputasi baik, supaya tidak malah tertipu !  

Sebernarnya komponen apa saja sih yang mengalami kerusakan di handphone kita ?   Dan apa penyababnya ??  




  • - Integrated Circuit (IC) Power


IC Power merupakan perangkat inti mesin ponsel. Gejala kecil pada ponsel bisa berujung pada penyakit paling kronis yang terletak di komponen ini.  Jika sudah pada titik ini , ponsel kamu antara hidup dan mati.  
Penyebab kerusakan pada IC Power umumnya terjadi karena jaringan listrik pada saat kemu men-charge ponsel tidak stabil dan sering naik-turun. Hal ini disebabkan oleh listrik tegangan tinggi. Jadi buat kamu yang tinggal berdekatan dengan tiang listrik tegangan tinggi, waspadai kerusakan ponsel saat men-charge.
Handphone sleeding





  • - Flexi Cable


Umumnya terjadi pada ponsel clamshell atau ponsel lipat/sleeding. Flexi Cable merupakan penghubung antara mesin ponsel dan LCD. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, LCD pada ponsel akan blank atau mati. Penyebabnya, ponsel sering terkena air atau terjatuh.







  • - IC Power Amplifier (PA)


Kinerja IC PA sangat bergantung pada posisi kamu saat menggunakan ponsel. Jika kamu sedang berada dalam gedung, basement, atau sedang di luar kota yang jauh dari lokasi BTS, kinerja IC PA dalam mencari sinyal akan kurang maksimal.
Nah, jika kamu tidak sedang berada pada kondisi tersebut namun sinyal tetap saja tidak stabil, ini tandanya IC PA kamu rusak. Penyababnya masih serupa, yaitu ponsel jatuh, kena air, sehingga IC PA kornslet dan terbakar.





  • - IC Plus


Jika ponsel kamu dilengkapi beragam fitur dan aplikasi, berhati-hatilah. Pengoperasian menu yang tak sabaran atau semaunya bisa merusak ponsel. Misalnya, sehabis memainkan games, kamu langsung tekan tombol off (End Call), atau tanpa melalui Exit.


Hape

Hal ini menyebabkan sistem Software yang bekerja sesuai aturan di ponsel NGAMBEK   . Alias IC Plus pada ponsel terganggu pola kerjanya.
Untuk menghindarinya, ikuti aturan main pada ponsel dengan rajin membaca buku panduan. Hati-hati juga saat menghapus aplikasi pada ponsel. Kerusakan IC Plus bisa juga disebabkan karena aplikasi explorer pada ponsel tak sengaja terhapus. 








Nah,,   semoga dengan sedikit penjelasan tadi, kamu bisa mengoperasikan dan memperlakukan handphone kamu.   Sampai bertemu di postingan selanjutnya..

0 comments:

Post a Comment


Berkomentarlah dengan baik :)
™ Bukan spam
™ Bukan sara
™ tukar link sudah saya sediakan pada halaman lain di blog ini
Tukar Link

 

// Buku Tamu