assalamualaikum..

Wednesday, August 1, 2012

Memahami Spesifikasi Speaker

Bila kita melihat di ruang pamer audio, di mana banyak dijual perangkat speaker dengan lebih dari satu driver. Mengapa demikian ? Sebab sebuah driver tidak me-repro semua bidang frekuensi dari rekaman udara, untuk itulah orang membuat woofer yang khusus menangani frekuensi rendah, sampai 1,5 kHz, dan tweeter untuk frekuensi tinggi, di atas 1,5 kHz. Sedangkan subwoofer untuk me-repro frekuensi rendah, hingga 500 Hz. Inilah yang seharusnya bisa ditutup oleh speaker yang bersuara baik. Speaker yang baik tentu saja merupakan kunci serangkat sound sistem. Tiap tingkat tanggapan yang digambarkan oleh angka-angka, ini juga menggambarkan bagaimana tonal sebuah speaker. Di disinilah tanggapan frekuensi menentukan seberapa bagus sebuah speaker untuk me-repro spektrum suara. Seperti kita ketahui bahwa telinga manusia mampu mendengarkan spektrum suara mulai dari 20 Hz hingga 20 kHz. Jadi, kalau sebuah speaker tertulis tingkat tanggapan frekuensi, misalnya sebesar 38 Hz - 23 kHz +/- 3 dB, ini artinya sebuah speaker mempunyai tanggapan frekuensi angka toleransi yang bagus dan bisa memainkan frekuensi tinggi dibanding frekuensi bawahnya. Oleh karena itu perhatikan betul angka-angka spesifikasi pada speaker agar diperoleh spektrum suara yang baik.

Berikut saya sajikan beberapa cara menghubungkan speaker ke amplifier >>

dhi-kreasi.blogspot.com













dhi-kreasi.blogspot.com


dhi-kreasi.blogspot.com

Itulah beberapa cara menghubungkan speaker ke amplifier,, dan dalam pengembangannya, banyak juga yang memodifikasi pemasangannya sendiri. Namun, cara seperti di atas adalah cara mudah yang biasa di pakai,,

sekian dulu ya,, CAPEK

1 comments:

Unknown said...

Sangat lengkap ulasan tentang Memahami Spesifikasi Speaker ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
TOA.

February 25, 2014 at 5:15 PM

Post a Comment


Berkomentarlah dengan baik :)
™ Bukan spam
™ Bukan sara
™ tukar link sudah saya sediakan pada halaman lain di blog ini
Tukar Link

 

// Buku Tamu